Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mempunyai berat badan ideal adalah salah satu idaman semua orang. Sayangnya, sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum paham dengan cara menghitung berat badan ideal.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara menghitung berat badan ideal. Sedangkan, untuk Anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sampai dengan sekarang masih banyak dari kalangan masyarakat tidak paham dengan cara menghitung berat badan ideal. Untuk beberapa cara yang dapat dilakukan supaya bisa mendapatkan berat badan ideal adalah:

  1. Menghitung Berat Badan dengan Menggunakan Rumus Broca

Salah satu cara menghitung berat badan ideal yaitu menggunakan rumus Broca. Rumus Broca ini berhasil ditemukan oleh Paul Broca. Pada saat menggunakan rumus tersebut bisa membedakan antara berat badan pria dan wanita.

Kenapa perbedaan tersebut bisa terjadi, karena komposisi tubuh antara perempuan dan laki-laki ini berbeda. Sebagai berikut rumus Broca supaya Anda lebih mudah lagi untuk dipahami :

“Pria: Berat badan ideal (kilogram) – Tinggi badan (sentimeter) – tinggi badan (sentimeter) x 100 x 10%”.

“Wanita: Berat badan ideal (kilogram) – Tinggi badan (sentimeter) – Tinggi badan (sentimeter) – 100% x 15%”.

  1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Menggunakan Kalkulator BMI

Cara kedua bisa menggunakan kalkulator BMI. Di dalam kalkulator tersebut juga dipergunakan untuk menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan juga berat badan. Ketika sebelumnya menggunakan rumus Broca, maka untuk perhitungan BMI ini dibedakan berdasarkan usia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, ketika ingin menggunakan cara menghitung berat badan ideal BMI yaitu:

  • BMI yang kurang dari 18,5 berarti menunjukkan kekurangan berat badan.
  • BMI antara 25 sampai dengan 29 menunjukkan kelebihan berat badan.
  • BMI yang lebih dari angka 30 sudah pasti menunjukkan obesitas.
  1. Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Metode Waist to Hip Ratio

Cara terakhir yang untuk menghitung berat badan ideal dengan menggunakan metode WHR. Pada metode yang satu ini dipergunakan untuk membandingkan ukuran antara lingkar pinggang dengan lingkar pinggul. Selain itu, metode yang satu ini juga mempunyai perbedaan antara perhitungan antara laki-laki dan perempuan. Sebagai berikut beberapa rumus cara menghitung berat badan ideal menggunakan WHR :

“Lingkar pinggang : Lingkar Pinggul = Hasil”.

Keterangan pada perempuan, yaitu:

  • Dibawah 0,8 : resiko rendah
  • Dari 0,8 sampai dengan 0,89 : resiko sedang.
  • Pada 0,0 atau lebih : resiko tinggi.

Keterangan pada laki-laki, yaitu:

  • Dibawah 0,9 : risiko rendah.
  • Dari 0,9 sampai dengan 0,99 : risiko sedang.
  • Pada 1,0 atau lebih : risiko tinggi.

Pada metode WHR ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang sudah mempunyai nilai BMI lebih dari 35 dan anak-anak dibawah umur 13 tahun. Pilih saja salah satu cara menghitung berat badan ideal yang menurut Anda paling mudah untuk diterapkan.

Setelah melakukan perhitungan, Anda bisa memikirkan semua jenis makanan yang akan dikonsumsi. Khususnya untuk wanita sangat dibantu sekali dengan beberapa metode cara hitung berat badan supaya ideal.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai 3 cara menghitung berat badan ideal. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu kalangan masyarakat yang ingin mengetahui berat badan yang ideal sesuai dengan tubuhnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.