Manfaat Tanaman Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman akar wangi termasuk anggota graminae yang jadi penghasil minyak atsiri di dunia. Sebenarnya, tanaman ini berasal dari India. Penting bagi kita untuk mengetahui manfaat tanaman ini untuk kesehatan. Informasi mengenai manfaat tanaman ini di dalam artikel kesehatan ini.

Apa Saja Manfaat Tanaman Akar Wangi?

Manfaat Tanaman Akar Wangi untuk Kesehatan dan Kecantikan
Beberapa manfaat tanaman akar wangi untuk kesehatan antara lain :

1. Mencegah infeksi kandidiasis
Manfaat pertama adalah mencegah infeksi kandidiasis, yaitu infeksi jamur akibat jamur candida albicans. Kondisi ini bisa menyerang saluran pencernaan, vagina, mulut, kulit, dan selaput lendir.

2. Mengobati iritasi lambung
Minyak atsiri akar wangi mengandung senyawa alami pirazolin yang bisa membantu mengatasi iritasi lambung. Pasalnya, kandungan ini berfungsi sebagai obat inflamasi lambung layaknya senyawa kimia yang biasa dipakai sebagai obat, yakni celecoxib. Selain itu, ekstrak tanaman ini mengandung senyawa tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid. Itulah kenapa sakit perut bisa diobati dengan tanaman ini. Sebagai informasi, tanaman ini punya aktivitas antimikroba terhadap bakteri patogen.

3. Mencegah DBD
Manfaat akar wangi selanjutnya adalah mencegah DBD. Pasalnya, akar wangi punya aroma khas dan wangi yang semerbak. Aromanya seperti citrus. Karena aromanya menyengat, Anda bisa menaruhnya di rumah untuk mengusir nyamuk penyebab demam berdarah seperti nyamuk Aedes Aegypti.

4. Meningkatkan fungsi kerja otak
Untuk memaksimalkan fungsi dan kinerja otak, Anda bisa menghirup aromaterapi. Dengan aromaterapi, tubuh akan lebih rileks. Bahkan, fungsi & kinerja otak ikut meningkat. Aromaterapi dari minyak atsiri atau akar wangi bisa meningkatkan tingkat kewaspadaan, fokus, dan konsentrasi seseorang.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Menggunakan minyak tanaman ini dalam diffuser ketika tidur akan membantu Anda memperbaiki pola pernapasan. Selain itu, minyak akar wangi juga menurunkan inhalasi saat tidur. Itulah kenapa minyak dari tanaman ini bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.

6. Kaya akan antioksidan
Berikutnya, tanaman ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Seperti kita semua tahu, antioksidan bisa menjaga sistem imun serta mengusir radikal bebas. Selain itu, Anda dapat memperoleh manfaat lain dengan cara menggunakan krim kulit dengan kandungan minyak akar wangi. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial murni.

7. Manfaat untuk kecantikan
Kita semua tahu bahwa tanaman ini punya aroma semerbak sehingga dapat dipakai sebagai bahan baku parfum. Tentu saja, wangi semerbaknya akan menambah rasa percaya diri Anda. Bahkan, tanaman ini bisa mengatasi penuaan dini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Anda bisa menemukan banyak skincare dengan kandungan minyak atsiri. Satu lagi, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi stres sebagai aromaterapi.

Setelah tahu manfaatnya yang besar, Anda bisa menanam tanaman ini di rumah. Tetapi, Anda harus paham ciri-ciri tanaman ini dan cara menanamnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.