2 Hari sebelum Meninggal, Dorce Gamalama Tak Sadarkan Diri, Kerabat: Dipanggil, Dicubit Nggak Nyahut

Kerabat Dorce Gamalama mengungkapkan kondisi sang artis sebelum meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022). Seperti diketahui, Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, setelah tiga minggu menjalani perawatan. Hal ini disampaikan oleh sahabat Dorce, Hetty Soendjaya.

Menurut Hetty, Dorce dirawat di rumah sakit terkait penyakit gulanya dan terpapar Covid 19. "Beliau sudah tiga minggu di rumah sakit dan terpapar Covid 19," ucapnya, Rabu, dikutip dari . Keponakan Dorce, Mimi Artati, membeberkan almarhum sudah tak sadarkan diri sejak Senin (14/2/2022).

Dorce sendiri baru dinyatakan positif Covid 19 pada Senin, setelah hasil rontgen menunjukkan ada virus di paru parunya. "Senin paginya informasi dari Abu, anak terakhirnya, Mama sudah enggak sadar dan dipanggil enggak menyahut," ujar Mimi, Rabu, mengutip Kompas.com. "Dia (Dorce) dipanggil, dicubit juga sudah enggak nyahut. Senin pagi mulai drop."

"Dokter memeriksa dan dinyatakan dari hasil rontgennya ada virus di paru paru dan dinyatakan positif Covid 19," imbuhnya. Pengurus Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Ustaz Anan Muhajir, mengatakan rencananya jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan di TPU Bantar Jati, Bambu Apus pada Rabu siang. Sebagai informasi, Masjid Al Hayyu adalah masjid yang dibangun Dorce pada 2008 dan diwakafkan untuk warga setempat.

Menurut Anan, jenazah Dorce akan dimakamkan di satu liang lahat bersama mendiang sepupunya. "Rencananya ditumpuk sama sepupunya. Dia (Dorce Gamalama) dekat banget sama sepupunya," ucap Anan Muhajir, Rabu, dilansir . Hal ini juga telah dibenarkan petugas operator keamanan TPU Bantar Jati, Louis.

Ia mengatakan, jenazah Dorce tetap bisa dimakamkan di TPU Bantar Jati meski terpapar Covid 19. Pasalnya, jenazah Dorce akan ditumpangkan ke makam lama. "Iya diterima untuk tumpang, peraturannya memang boleh kalau ditumpang."

"Tapi, kalau baru tidak boleh di sini," katanya, dikutip dari Kompas.com. Hingga Rabu pukul 12.03 WIB, petugas TPU sudah menggali makam untuk Dorce. Jenazah rencananya akan diberangkatkan saat lubang galian sudah siap.

Proses pemakaman pun nantinya akan menjalankan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah. Mengutip , Ustaz Anan Muhajir memastikan ia yang akan memimpin langsung proses pemakaman Dorce Gamalama. Apakah nantinya Dorce akan dimakamkam secara perempuan atau laki laki?

Mengingat Dorce Gamalama menginginkan ingin dimakamkam secara perempuan. Keinginannya itu menuai pro dan kontra. "Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah."

"Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua," ucapnya. "Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal," sambungnya. Meski begitu, Anan Muhajir menyebut memakamkan Dorce Gamalama secara laki laki sesuai syariat islam.

"Karena yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah SWT, saya enggak lihat yang lain lain dulu," ujar Anan Muhajir. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.